Bulking adalah Strategi Peningkatan Massa Otot: Berikut Teknik dan 6 Manfaatnya

bulking adalah

Bulking adalah salah satu strategi dalam meningkatkan massa otot yang biasa dilakukan oleh seseorang dalam mengatur surplus kalori dan juga latihan beban intensif. Bulking biasanya dilakukan oleh binaragawan atau bodybuilder dalam meningkatkan massa otot menjadi lebih besar. Tujuan bulking adalah melakukan bulking tidak hanya untuk menambah berat badan atau menambah massa otot saja. Tetapi Bulking bisa dijadikan cara hidup sehat serta menjaga massa atau pertumbuhan otot intensif.

Bulking ala OPPATOTO klik disini!!!.

Bulking dan Cutting Perbedaan Bulking Adalah

beda bulking dan cutting

Bulking adalah fase yang berbeda dari cutting dalam siklus latihan kebugaran yang dilakukan. Berikut perbedaan dari bulking juga cutting:

  • Bulking adalah latihan berfokus pada penambahan massa otot dan, dalam beberapa kasus, menjadikan lemak tubuh sebagai cara dalam memberikan energi yang cukup untuk latihan intensif serta pertumbuhan otot.
  • Cutting adalah cara yang bertujuan untuk mengurangi lemak tubuh diperoleh selama fase bulking sambil mempertahankan sebanyak mungkin massa otot. Proses cutting melibatkan diet ketat dan latihan kardio lebih intensif.

Manfaat Bulking bagi Kesehatan Kita

Manfaat Bulking

Melakukan bulking tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan massa otot saja, tetapi juga ada keuntungan bagi kesehatan dan juga kebugaran fisik. Beberapa keuntungan melakukan bulking adalah sebagai berikut:

1. Peningkatan Massa Otot

Mengikuti program Bulking adalah dengna melakukan pelatihan terstruktur dengan peningkatan asupan kalori dan latihan kekuatan intensif membantu dalam pertumbuhan serta pembesaran serat otot. Massa otot lebih besar tidak hanya meningkatkan kekuatan fisik tetapi juga dapat meningkatkan penampilan estetika.

2. Peningkatan Kekuatan Fisik

Dengan massa otot lebih besar, Anda akan mengalami peningkatan kekuatan secara keseluruhan. Hal ini bermanfaat tidak hanya dalam aktivitas sehari-hari tetapi juga dalam performa olahraga, memungkinkan Anda untuk melakukan lebih banyak aktivitas fisik dengan lebih efisien.

3. Manfaat Metabolisme

Otot lebih metabolik aktif dibandingkan dengan lemak. Artinya, dengan memiliki lebih banyak massa otot, tubuh Anda akan membakar lebih banyak kalori bahkan saat sedang istirahat. Ini membantu dalam mengelola berat badan serta mengurangi risiko terkait obesitas di masa depan.

4. Peningkatan Ketahanan

Melalui bulking, tubuh Anda beradaptasi dengan beban kerja lebih tinggi, meningkatkan kapasitasnya dalam menangani stres fisik. Hal ini bermanfaat baik untuk pelatihan maupun kegiatan sehari-hari, membuat Anda kurang rentan terhadap kelelahan.

5. Dukungan Kesehatan Tulang

Latihan beban intensif yang merupakan bagian integral dari bulking tidak hanya membangun otot juga meningkatkan kepadatan tulang. Ini sangat penting dalam mencegah osteoporosis dan mengurangi risiko patah tulang.

6. Peningkatan Kesehatan Mental

Bulking sering kali diiringi peningkatan kepercayaan diri juga kepuasan pribadi. Mencapai tujuan fisik bisa sangat memotivasi dan memiliki dampak positif pada kesehatan mental secara keseluruhan.

Dengan memahami manfaat-manfaat ini, Anda dapat lebih termotivasi untuk mengikuti program bulking yang benar dan mencapai hasil maksimal. Sekarang, mari kita beralih ke bagian terakhir dari artikel ini yang akan memberikan penjelasan umum tentang bulking untuk melengkapi pemahaman tentang pengertian bulking adalah cara terbaik menjaga kesehatan.

Cara Melakukan Bulking

Cara melakukan bulking agar mencapai hasil maksimal dengan cara, anda harus mengikuti beberapa langkah penting yang mencakup diet, pemilihan latihan bulking, dan juga pemulihan yang cukup. Berikut merupakan panduan lengkap langkah demi langkah dalam melakukan bulking yang efektif bagi pemula:

1. Penyesuaian Kalori dan Nutrisi

Cara bulking yang pertama adalah penyesuaian kalori dan nutrisi, untuk meningkatkan massa otot tentunya kalian memerlukan lebih banyak kalori untuk dibakar setiap hari dengan cara efektif sebagai berikut: 

  • Menghitung Kebutuhan Kalori: Pakai kalkulator kalori yang tersedia online dalam menentukan kebutuhan kalori yang sesuai dengan tinggi badan, berat badan, usia, jenis kelamin, serta tingkat aktivitas. Jangan lupa untuk menambahkan 500 kalori per hari dari kebutuhan untuk melakukan pemeliharaan dalam perkembangan otot.
  • Memilih Nutrisi yang Tepat: pada masa pembentukan otot atau bulking, anda harus berfokus kepada asupan protein tinggi untuk mendukung sintesis protein otot. Disarankan sekitar 1,6 dan 2,2 gram per kilogram berat badan kalian. Selain itu karbohidrat serta lemak juga sangat penting dalam memberikan energi dan menunjang fungsi hormonal.

2. Program Latihan yang Sesuai

Latihan beban intensif adalah komponen kunci dari program bulking. Beberapa tips untuk menyusun program latihan meliputi:

  • Cara bulking dengan latihan beban intensif yang terfokus, fokuskan pada latihan komponen utama seperti squat, bench press, dan deadlifts yang melibatkan lebih dari satu kelompok otot.
  • Cara bulking progresi Bertahap: Tingkatkan beban atau repetisi secara bertahap untuk terus menantang otot Anda.
  • Cara bulking variasi Latihan: Sertakan variasi latihan untuk menargetkan otot dari sudut yang berbeda dan menghindari kebuntuan pelatihan.

3. Pentingnya Istirahat dan Pemulihan

Pemulihan adalah aspek kritis dari bulking yang sering diabaikan. Tanpa istirahat cukup, tubuh Anda tidak akan dapat memperbaiki dan membangun otot dengan efisien. Pastikan untuk:

  • Pastikan cukup Tidur: Dalam melakukan bulking, kalian perlu tidur setidaknya 7-9 jam per malam dalam mendukung pemulihan otot serta produksi hormon tubuh.
  • Jadwalkan hari istirhat: Pastikan kalian menyisipkan hari istirahat dalam rutinitas latihan kalian, untuk memungkinkan otot kalian pulih sepenuhnya.
  • Kelola stres berlebih: Pada saat melakukan bulking kalian diwajibkan untuk mengelola stress yang dapat menghambat kemampuan badan dalam membangun otot. Pastikan anda juga melakukan relaksasi dalam mengelola beban kerja setiap harinya.

Dengan mengikuti prinsip-prinsip bulking yang benar serta memahami tujuan dan metodenya, Anda dapat meningkatkan massa otot, kekuatan, dan performa fisik secara signifikan. Bulking adalah lebih dari sekadar makan berlebih; itu adalah pendekatan ilmiah untuk membangun tubuh yang lebih kuat dan lebih besar. Melalui bulking efektif, Anda tidak hanya meningkatkan kapasitas fisik juga membantu dalam meningkatkan kesejahteraan mental dan kepercayaan diri.

 

Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *